Microsoft Resmi Membeli Nokia Seharga $7.2 billion

Berita yang cukup mengejutkan untuk awal minggu ini dari US bahwa Microsoft telah membeli divisi Nokia Devices and Services Business Devices beserta semua lisensi patent yang ada.

Total harga yang harus dikeluarkan oleh Microsoft adalah EUR 5.44 bilion tunai atau setara dengan $7.17 billion.

Memang seperti kita tahu bahwa Nokia memang sejak tahun 2011 telah melakukan kerjasama dengan Microsoft, terutama untuk produk-produk smartphone Nokia yang menggunakan OS Windows Mobile.

Termasuk bagian dari deal tersebut, Nokia CEO sekarang yaitu Stephen Elop akan turun dari posisi nya yang juga sebagai President Nokia dan CEO Nokia dan jabatan baru yang akan dirangkap di Microsoft adalah sebagai “Nokia Executive Vice President of Devices & Services”.

Saya pribadi melihat bagian yang paling berharga dari akuisisi oleh Microsoft ini adalah terletak pada lisensi patent-patent yang Nokia ada, sama halnya seperti ketikan Google membeli divisi Motorola handphone sebelumnya.
Bahkan jauh hari sebelumnya, saya selalu membayangkan jika suatu hari seandainya perusahaan-perusahaan China yang lebih ambisius dan punya kapital seperti Huawei & Lenovo yang bakalan tertarik untuk membeli Nokia.

At the end, ini masih berita awal…mari kita lihat bagaimana sepak terjang Microsoft + divisi baru nya ini untuk beberapa bulan ke depan nya.

 

Via: The Verge