Google Meluncurkan Tampilan Baru Untuk Gmail

Google memperkenalkan tampilan antar muka yang lebih menarik sekarang untuk Gmail pada veri desktop, Android dan aplikasi Gmail yang berjalan di iOS. Perubahan yang di lakukan hanya bersifat kosmetik saja melainkan fokus utama pada peluncuran baru ini adalah lebih kepada optimasasi manajemen di email. Ini adalah bagian yang merupakan kelebihan fitur tersendiri dibandingkan dengan aplikasi email lainnya dan sementara Gmail tetap relatif lebih kreatif dalam hal yang satu ini, membuat Gmail menjadi semakin produktif dan ramah dari sisi antar mukanya.

Inbox baru yang dimaksudkan di Gmail ini sekarang memperkenalkan fitur tabular (tabs) di mana Anda dapat mengelompokkan email seperti halnya dengan Kategori. Dari blog Google disebutkan bahwa akan ada lima tabular di mana Anda dapat mengatur email tertentu dan Anda dapat memilih tabular mana yang ingin ditampilkan setiap saat atau bahkan tidak menampilkan sama sekali.
Tabular (tab) tersebut adalah: Primer, Sosial, Promosi, Update, dan Forum. Nama-nama tab yang cukup jelas, Primer merupakan tabular dimana semua email penting akan masuk.
Di Gmail untuk Android 4.0 + dan Gmail untuk iPhone dan iPad di layar utama akan menampilkan tabular Primer dan dan kemudian Anda dapat dengan mudahnya menavigasi ke tab (tabular) yang lain.

Sejauh ini pilihan untuk membuat tab Anda sendiri tampaknya belum tersedia. Tab dapat disesuaikan untuk menampilkan email dari pengirim tertentu dan email juga dapat dipindahkan dengan drag & drop dari satu tab lainnya dengan mudah sekali.

Keberhasilan antar muka baru di Inbox Gmail ini akan tergantung pada efektivitas algoritma Gmail sendiri dari cara sistim tersebut mengsortir email & menganalisa jenis email-email yang sampai ke Inbox.
Jika Anda telah menggunakan fitur baru dari Inbox ini, silahkan berbagi pengalaman anda di OI.

 

Sumber: Google Blog