Huawei Menawarkan Gratis Pembangunan Jaringan Selular Bawah Tanah London

Perusahaan raksasa China yang bergerak dibidang telekomunikasi, Huawei lagi dalam proses memberikan penawaran pembangunan jaringan selular bawah tanah untuk sistim kereta api di London seharga £50 million dalam persiapan menjelang Olympics 2012.

Huawei melakukan penawaran tersebut sebagai sebuah hadiah dari tuan rumah Olympic sebelumnya (China) kepada tuan rumah berikutnya, demikian laporan yang dikutip dari Sunday Times.

Operator mobile seperti Vodafone dan O2 telah setuju untuk membayar biaya installasi, sementara Huawei sendiri mengharapkan sumber pendapatan mereka nantinya akan didapatkan melalui layanan biaya maintainance lewat mereka nantinya.

Transport for London (TfL), lembaga KA di London, mengatakan memang proses diskusi telah berjalan mengenai penginstallasian jaringan selular ke bawah tanah namun tidak ada konfirmasi keterlibatan Huawei.

Patrick Mercer, salah satu anggota perwakilan rakyat dari Conservative party, mengingatkan bahwa membiarkan perusahaan China untuk melakukan pekerjaan penginstallasian jaringan selular tersebut bisa menimbulkan resiko ancaman terhadap keamanan negara.

Teknologi Huawei memang telah dikenal melalui produksi smartphone mereka yang mempunyai jangkauan internasional, termasuk juga generasi smartphone baru yang menggunakan Android dan teknologi mereka yang memungkinkan penggunaan laptop untuk mengakses internet secara mobile melalui jaringan 3G.

Sumber: Yahoo News