Google Mengatakan Open atau Tidak Sama Sekali untuk Format Video Chrome

Google kemarin baru saja mengumumkan bahwa versi baru yang akan datang untuk Internet browser mereka, Chrome akan mendukung “completely open codec technologies”,  format video yang bersifat open seperti WebM (kepunyaan Google) maupun Theora (kepunyaan FireFox).

Sedangkan format H.264 codec yang bisa gratis digunakan untuk video non komersial dengan kepemilikan lisensi oleh konsorsium MPEG-LA akan diberhentikan penggunaannya untuk versi Chrome mendatang.

Berita yang dikutip langsung dari situs resmi blog Chrome ini memang sekarang telah memicu polemik perdebatan antara pihak yang pro dan pihak yang kontra dengan langkah terbaru dari Google tersebut.

Untuk informasi para pembaca saja bahwa format H.264 codec justru merupakan format video yang didukung oleh Apple untuk menggeserkan standar Flash kepunyaan Adobe.

Sementara yang cukup menarik dari sisi lainnya adalah dukungan yang diberikan oleh Adobe terhadap format WebM kepunyaan Google plus kritikan yang mulai terdengar mengenai ketidakkonsistenan Google untuk menghentikan dukungan non open standar format H.264 gara-gara bersifat proprietary tetapi tidak demikian halnya dengan Flash format yang masih akan tetap didukung.

Bagaimana dengan para pembaca?

Setujukah anda dengan langkah yang akan diambil oleh si Google ?