Google baru saja merilis Google Maps 5.0 mendukung 3D & Offline mode untuk Android

Baru saja dalam hitungan hari para penggemar dan fanboy Android ramai-ramai membicarakan launching Google Nexus S dengan Android Gingerbread, spesifikasi yang wah plus support untuk NFC (patut berbangga karena berarti Nexus S merupakan smartphone pertama yang menggunakan teknologi ini), ternyata hari ini Google memgumumkan lagi berita menggembirakan buat para fanboy Android.

Ya, Google baru saja merilis aplikasi Google Maps 5.0, versi yang mendukung tampilan 3D dan bahkan untuk kondisi tertentu bisa digunakan di modus Offline (Offline mode) tanpa perlu koneksi internet sama sekali.

Bukan itu saja, dari sisi performansi dibandingkan dengan versi Google Maps sebelumnya adalah terletak pada implementasi/penggunaan grafik vektor.
Ini berarti ketimbang waktu yang diperlukan Google Map untuk mengdownload semua potongan-potongan grafik bitmap (implementasi sebelumnya) dan memerlukan bandwith serta waktu, maka pada versi ini tentunya bisa dihemat dan menjadi faktor penentu mengapa performansinya jauh lebih mengesankan..

Dengan penggunaan grafik vektor, maka bentuk 3D bisa langsung dirender di smartphone anda. Memang jelas, tentunya anda akan berpikir seperti saya bahwa ini memerlukan tenaga prosesor yang kencang di smartphone anda ?
Ya, benar tetapi ini tidak menjadi masalah lagi jika anda menggunakan Android bukan ? :-)

Anda bisa menggunakan dua jari anda untuk memutar, untuk zoom in dan zoom out dan yang membuat saya cukup impressed adalah penggunaan modus kompas (compass mode), dimana map bisa berotasi mengikuti posisi atau arah anda sedang menghadap.

Okay, tidak perlu panjang-panjang saya berkomentar lagi.

Anda bisa langsung menyaksikan video aksi Google Maps 5 dibawah ini: