Facebook Meluncurkan Fitur Pengenal Wajah Foto Teman anda

Facebook baru saja memperkenalkan fitur tambahan kepada layanan Photo mereka yang memang sudah cukup popular digunakan oleh kalangan pengguna Facebook.

Adapun fitur baru ini, Tag Suggestion, akan dirilis minggu depan untuk para pengguna di AS dahulu.

Dan menurut Wakil Presiden dari bagian Produk Facebook, Chris Cox kepada Mashable bahwa teknologi ini merupakan hasil kerjasama  antara internal tim Facebook dengan partner mereka. Namun Cox tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai siapakah partner mereka tersebut.

Teknologi ini bisa dikatakan cukup kontroversial karena mampu mengdeteksi wajah di photo dan langsung memberikan rekomendasi kepada pengguna untuk meng-group foto-foto tersebut menjadi satu dengan menggunakan Tag.

Proses ini akan otomatis terjadi pada saat anda sedang melakukan kegiatan tagging terhadap foto-foto teman anda dan fitur baru ini secara otomatis bekerja dan akan menampilkan pesan: “Who is this?” beserta rekomendasi untuk anda melakukan Tagging dan Kotak Konfirmasi untuk menyimpan tagging anda dengan meng-klik di Save Tags button seperti tampilan screenshot di bawah ini.

Memang sempat dikuatirkan apakah fitur baru ini bisa mengganggu privasi anda atau teman anda ?

Ternyata jawabannya tidak menurut pihak Facebook karena menurut mereka bahwa anda sebagai pengguna bisa meng-disable fitur ini lewat setting Privasi yang tersedia.
Anda tinggal mematikan setting “Suggest Photos Of Me to Friends” sehingga foto-foto anda tidak akan diproses oleh proses pendekteksian canggih ini.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda antusias untuk segera mencoba di Facebook?

Saya pernah mengulas salah satu aplikasi berbasis open source untuk mendeteksi posisi koordinat wajah (muka) di foto.
Ya tentu saja belum bisa dibandingkan dengan kepunyaan versi Facebook tetapi siapa tahu anda tartarik untuk mengembangkan bersama penemunya, Jay Salvat :-)