Google Mengakuisisi Zetawire, perusahaan mobile payment

Menurut sumber yang didapat dari Yahoo, akuisisi Google terhadap perusahaan Zetawire sudah terjadi di bulan Agustus yang lalu, bersamaan waktunya dengan akuisisi Google kepada dua perusahaan lainnya, yaitu Slide dan perusahaan social currency, Jambool.

Seperti diketahui Google akhir-akhir ini lumayan giat fokus di area NFC (near-field communications). Teknologi ini sama dengan teknologi yang digunakan di chip-chip yang bisa anda temukan di kartu kredit anda. Handphone terbaru dari Google , Nexus S, juga merupakan smartphone pertama yang telah menggunakan NFC chip, dan ini kemungkinan besar merupakan langkah awal Google untuk terjun ke dunia mobile payment.

Perlu anda ketahui bahwa Zetawire disebut-sebut mempunyai beberapa patent untuk “mobile banking, advertising, credit card dan proses transaksi yang menggabungkan penggunaan kupon dan mobile”.
Jelas sekali ini merupakan langkah strategis Google dengan mengakuisisi perusahaan tersebut dan dikatakan kemungkinan besar Google merencanakan untuk menggunakan Zetawire dan NFC untuk mengtracking data clicking dari mobile ad (iklan mobile) mereka sehingga memberikan kesempatan lebih baik kepada para retailer untuk menganalisa dimana dan bagaimana para customer mereka membeli barang secara mobile.