Laptop Google Chrome OS pertama akan datang pertengahan tahun depan, dibuat oleh Acer dan Samsung

Google baru saja memberikan demo mengenai Chrome OS di salah satu eventnya.

Hanya memerlukan 4 langkah dan kurang dari 1 menit untuk meng-set up sebuah unit laptop Chrome OS yang masih baru – theme Chrome beserta segala macam setting anda tinggal di download langsung dari cloud.

Dalam acara ini bahkan juga didemokan penggunaan laptop Chrome OS dalam mode Offline (tidak ada koneksi internet sama sekali) dengan menggunakan aplikasi Google Docs dimana setelah modifikasi yang anda lakukan pada saat bekerja offline langsung bisa di-synch balik ketika anda online kembali secara otomatis.

Yang perlu anda ingat disini adalah bahwa fitur ini lebih bersifat ke aplikasi-spesifik. Maksudnya fitur ini lebih tergantung kepada aplikasi itu sendiri apakah menyediakan fitur mode Offline dan Online atau tidak karena ini akan membutuhkan penggunaan teknologi baru seperti HTML5.

Pada waktu yang bersamaan Google juga melakukan demo untuk Google Cloud Print, dimana anda bisa mencetak dokumen ke printer di rumah anda dimanapun anda berada.

Adapun laptop yang menggunakan Chrome OS ini akan datang pada pertengahan tahun depan, 2011 yang akan berbasis mesin Intel dan dibuat oleh Acer dan Samsung dan kita bisa membayangkan pada waktu itu, bakalan ada “ribuan Googler” yang akan menggunakan laptop yang berbasis Chrome OS ini. Sementara itu, untuk Pilot testing sekarang, Google juga telah mengumumkan Cr-48 untuk para developer.

Sumber : Engadget