Penipuan terbaru di Facebook menggunakan animasi photo teman anda

Sejenis penipuan terbaru (scam) muncul lagi di Facebook seperti yang diberitakan di AllFacebook hari ini.

Adapun teknik penipuan terbaru ini bisa terbilang cukup cerdik plus menarik buat para pengguna Facebook.

Cara kerja penipuan ini adalah:
pengguna dijanjikan akan mendapatkan fitur menarik seperti yang bisa di lihat dibawah ini, yakni berupa “revolving images” (animasi images berupa photo-photo yang bisa berputar) dengan menggunakan photo-photo dari teman-teman si korban. Apa yang perlu dilakukan oleh si pengguna adalah mengcopy dan paste sebaris kode Javascript ke internet browser mereka dan setelah itu animasi menarik inipun akan mulai beraksi dan membuat si pengguna “wah” tetapi sementara itu di belakang layar kode Javascript ini pun sibuk mengerjakan hal lain tanpa sepengetahuan si korban yaitu mencari “Email Upload Adress” korban (bisa ditemukan disini).

Berdasarkan sumber berita juga, sekarang penipuan ini terdeteksi menjalar melalui situs-situs tersebut dibawah ini:

* http://revolvingimages.info/fb/

* http://kewlpics.tk/

* http://itsmajic.tk/

Memang sejauh ini diberitakan bahwa kerugian yang ditimbulkan tergolong masih relatif tidak seberapa dan Aditya Punjani adalah seorang developer yang mengirimkan contoh kode ke AllFacebook yang menjelaskan bagaimana bisa menggunakan kode yang sama untuk memproduksi akibat yang lebih besar ke pengguna yang menjadi korban dari penipuan ini.

Akhir kata, pastikan anda tidak sampai tertipu oleh scam jenis ini jika memang secara tiba-tiba nongol di halaman profile Facebook anda.

Juga jangan sampai lupa untuk memberitahukan kepada teman-teman terdekat anda  (klik Share atau Tweet button di akhir berita)  Рjangan sampai mereka menjadi korban.