Tutorial 1 Menit Untuk Mengamankan Facebook Anda

Berita mengenai seberapa amannya Facebook dan seberapa longgarnya setting privasi default anda  (default dalam arti setelah anda mendaftar di Facebook dan anda menggunakan semua setting orisinal yang Facebook berikan)  ditambah lagi pemberitaan di media online tentang bagaimana para kriminal jaman sekarang menggunakan informasi tersebut untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum tentunya sudah tidak asing lagi buat anda.
Point-point yang telah disebutkan diatas jugalah menjadi salah satu alasan utama mengapa proyek aplikasi berbasis open source, Diaspora terlahir untuk menyaingi Facebook.

Dan demikian juga halnya dengan tutorial-tutorial di situs-situs online, anda bisa menemukan banyak sekali tutorial-tutorial panjang mengenai bagaimana anda bisa membuat setting di akun Facebook anda menjadi lebih aman, tnggal di Google saja.

Tetapi jika anda memang orangnya super sibuk atau tidak suka tutorial yang bertele-tele maka anda bisa mulai membaca tutorial 1 menit yang akan saya tunjukkan kepada anda dibawah ini.

Setelah login ke akun Facebook anda, di pojok kanan atas halaman utama klik di “Account” dan pilih “Privacy Settings”:

Setelah berada di halaman “Privacy Settings” seperti yang ditunjukkan dibawah, anda bisa klik di “Customize Settings”:


Disini anda bisa mulai mengubah setting default yang telah diset oleh Facebook (dengan asumsi jika anda belum mengubah sama sekali):

Sebagai contoh disini, saya akan mengubah salah satu fitur terbaru dari Facebook, yaitu Facebook Places.

Ini merupakan salah satu fitur seperti FourSquare dimana teman-teman ataupun semua orang (bukan teman saja)  yang bisa mengahui posisi anda lagi dimana jika anda melakukan check-in, misalkan ketika anda lagi jalan-jalan di Mall A dan melakukan fasilitas check-in ke Facebook Places yang tersedia di smartphone anda.
Jelas ini salah satu fitur yang mesti dipikir dua tiga kali sebelum anda memutuskan untuk meng-enable fitur ini.

Sekarang coba anda scroll down sampai anda menemukan bagian “Places I check in to” dan disebelah kanan, klik /pilih “Custom edit” dan anda bisa mengubah misalkan ke hanya anda saja yang tahu (Only Me):

Okay, selanjutnya anda bisa melakukan setting untuk bagian lainnya, terutama seperti no telpon rumah (handphone) anda, alamat email, tanggal lahir dll sbgnya:

Semoga bermanfaat dengan tutorial singkat ini.
Anda ada pengalaman dengan privasi Facebook ?  Silahkan memberikan komentar dan pengalama anda untuk kita-kita disini.