Diaspora , sebuah aplikasi open source sebagai pengganti Facebook telah meluncurkan versi Alpha

Diaspora sebagai sebuah aplikasi open source pengganti Facebook dengan fokus dan prioritas utama di privasi telah mencapai proses milestone pertama mereka dengan peluncuran versi alpha. Jadi mulai dari sekarang, versi ini tersedia untuk didownload dan direview and team Diaspora sudah memulai menerima masukan dan kontribusi source code ke dalam aplikasi mereka.

Sekedar informasi bagi anda, Diaspora secara tidak langsung terlahir sebagai bentuk frustasi dari Facebook yang begitu mengontrol ketat data para anggotanya serta tingkat kontrol privasi yang tidak begitu ketat diterapkan di Facebook.

“Diapora bertujuan untuk menjadi sebuah network yang terdistribusi, dimana memisahkan komputer yang akan terkonek satu dengan lainnya dan koneksi ini tidak akan mengorbankan privasi kita”, ujar co-foundernya Maxwell Salzberg.

Para pengguna bisa set up dan menjalankan “seed” server langsung dari komputer pribadi mereka maupun dengan menggunakan server. “Seeds” ini akan mengumpulkan data pengguna dari online service lainnya seperti Facebook, Twitter dll dengan menggunakan plug-ins. “Seeds” ini kemudian akan berkomunikasi satu sama lain, sharing data sesuai setting privasi sesuai dengan kemauan dan kesadaran si pengguna sendiri.
Dan semua data yang ditransfer juga akan di enkrip dahulu.

Dengan kata lain, setting privasi dan sharing data semuanya ada langsung di tangan pengguna.

“Di dalam kehidupan, kita tidak memerlukan seorang yang bertindak sebagai manager sentral. Demikian juga halnya dengan kehidupan virtual kita, kita tidak memerlukan mereka,” ujar Salzberg.
“Desentralisasi memungkinkan kita untuk membangun grafik sosial kita (social graph) dan itu seharusnya tetap menjadi milik kita, bukan milik orang lain.”

Proyek Diaspora selama ini mendapat sambutan yang lumayan hangat dari umum dan bahkan, pendanaan yang mereka harapkan lewat proyek Kickstarter melebihi ekspektasi mereka, dengan kata lain, modal yang diperlukan lebih daripada mencukupi. :-)