Misi berikut dari Facebook : The Homepage

Baru-baru ini kelihatannya Facebook semakin mengekpansi sayap usaha mereka dan mulai menginjak ke wilayah Google. Ini bisa kita lihat dimulai dari perkenalan sistem messaging baru Facebook beberapa waktu yang lalu untuk menyaingi tradisional email system seperti Gmail, Yahoo Mail maupun Hotmail.

Dan sekarang, Facebook juga telah membuat langkah baru dengan menyarankan pengguna Facebook (ya, sekitar 500+ juta pengguna berdasarkan statistik online terkahir) untuk membuat homepage Facebook sebagai default homepage mereka dan anda.

Apakah Facebook membutuhkan trafik ? Kelihatannya tidak seperti ?
Berdasarkan data tahun lalu dari comScore, total pengunjung unik US ke Facebook saja telah mengalami peningkatan dari 97 juta pengunjung melonjak menjadi 151 juta (wow…itu hampir sama dengan 55 persen kenaikan).

Disini jelas kelihatan sebenarnya bahwa Facebook membutuhkan trafik tambahan dimana diharapkan dengan saran membuat homepage default ke Facebook akan bisa mempercepat mereka untuk meningkatkan daya saing dalam soal trafik terhadap saingan utama mereka, Google.

“Ini adalah trik lama tetapi sangat efektif”, berdasarkan kutipan Robin Wauters dari TechCrunch. “Sarankan orang untuk mensetting situs anda menjadi default homepage mereka, dan ini tentunya akan selalu menjadi entry point ke Web (Internet) pada saat mereka pertama menjalankan browser internet mereka”.

Kelihatannya perang dingin semakin berdengung antara Facebook dan Google.

Bagaimana pendapat anda ?